Selasa, 28 Februari 2023

Sapa Menyadik Polres Melawi Berikan Pelayanan Keselamatan Berlalu lintas

*Terjadi Perlambatan, Sapa Menyadik Melakukan Pengaturan Lalin*

Melawi Polda Kalbar- Salah satu program unggulan Polres Melawi untuk mendekatkan Polri kepada masyarakat dan pelayanan Kepolisian yang telah berjalan cukup lama yaitu Sapa Menyadik (Salam Pagi, Melayani dan Mendidik) dilakukan setiap hari selasa pagi dari pukul 06.15 wib hingga pukul 07.30 wib dengan menempatkan personil dari berbagai funngsi baik perwira, bintara mau pun ASN yang berpakaian dinas mau pun non uniform untuk melakukan pengaturan lalu lintas dan mengedukasi masyarakat.

Saat kota Nanga Pinoh sedang dalam cuaca gerimis,personil Polres Melawi melakukan pengaturan lalu lintas yang sedang melambatkan di depan SDN 6 Nanga Pinoh yang disebabkan oleh adanya genangan air yang meluber diduga dari drainase yang tersumbat sehingga air meluber ke badan jalan dengan ketinggian air sekitar 15 cm hingga 20 cm panjang genangan air sekitar 20 meter.

Kapolres Melawi Polda Kalbar AKBP Muhammad Syafi'i.S.I.K.,S.H.,M.H.,mengatakan pengaturan lalu lintas dilakukan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dan mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas,Selasa (28/2/2023) pagi.

"Personil melakukan pengaturan lalu lintas di lokasi adanya genangan air guna mencegah terjadinya fatalitas laka lantas," ujarnya.

AKBP Syafi'i menambahkan- Selain melakukan pengaturan lalin, Sapa Menyadik juga memberikan teguran dan edukasi kepada pengendara yang tidak mematuhi peraturan lalu lintas seperti tidak menggunakan helm, spion, knal pot yang menimbulkan kebisingan dan melawan arus dengan mengedepankan humanis dan senyum, sapa, salam.

"Teguran kepada pengendara dilakukan dengan humanis, Senyum Sapa dan Salam," terangnya.

AKBP Syafi'i menerangkan- Sapa menyadik melakukan pengaturan lalin dan edukasi di 11 titik rawan laka lantas,rawan pelanggaran dan rawan pengendara melawan arus baik yang berada di jalan Juang,Jalan Propinsi Sidomulyo, dan komplek pasar Nanga Pinoh.

"Sapa menyadik akan terus digalakan,kepada masyarakat agar selalu mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku," pungkasnya.

Penulis : Smi/Hms Res Mlwi

Satresnarkoba Polres Sekadau Ungkap Kasus, 3 Pelaku Berhasil Diamankan


*Tiga Pelaku Tindak Pidana Narkotika di Sekadau Diringkus Polisi*

Sekadau, Polda Kalbar - Satresnarkoba Polres Sekadau kembali mengungkap tindak pidana narkotika pada  Rabu (22/2/2023). Pelaku berjumulah 3 orang yakni HS (29), RS (25) dan FA (30) telah  diamankan untuk kepentingan proses hukum.

Kapolres Sekadau melalui Kasat Resnarkoba AKP Salahudin SHI. menerangkan, pengungkapan kasus tersebut tidak terlepas dari informasi yang disampaikan masyarakat yang segera ditindaklanjuti oleh petugas Kepolisian.

"Kami mendapat informasi tentang adanya rencana transaksi narkoba. Berdasarkan keterangan dan ciri-ciri pelaku, petugas kemudian melakukan penyelidikan," ucapnya, Senin 27 Februari 2023.

Melalui serangkaian penyelidikan, petugas akhirnya mengamankan HS dan RS saat keduanya berada di depan sebuah Cafe di Jl. Sp 2 Maboh Permai desa Maboh Permai Kecamatan Belitang.

Saat diperiksa, petugas menemukan 1 buah sedotan warna ungu yang didalamnya terdapat plastik klip transparan berisi kristal putih narkotika jenis sabu yang disimpan di saku celana salah seorang pelaku.

"Saat ditanya petugas, narkotika jenis sabu tersebut mereka peroleh dari FA. Tak menunggu lama, petugas segera mencari dan berhasil menangkap FA ketika ia tiba di depan rumahnya," beber Kasat Resnarkoba.

FA yang tidak menyadari adanya petugas dengan mudah dibekuk. Kemudian bersama HS dan RS, ketiganya dibawa ke Mapolres Sekadau berikut sejumlah barang bukti untuk proses penyidikan.

Ketiga pelaku terancam Pasal 114 ayat (1) dan atau Pasal 112 ayat (1) Jo Pasal 132 ayat (1)  Undang-Undang nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman minimal 4 tahun dan maksimal 20 tahun penjara.

Senin, 27 Februari 2023

Kapolresta Pontianak Dampingi Ketua Bhayangkari Cabang Pontianak Laksanakan Anjangsana

Pontianak- Bertempat dipolsek Pontianak Barat Kapolresta Pontianak mendampingi Ketua Bhayangkari Cabang Kota Pontianak melaksanakan anjangsana kepada warakawuri senin (27/2/2023) pagi.Turut mendampingi dalam kegiatan tersebut,Kapolsek Pontianak Barat beserta anggotanya,Ketua Bhayangkari Cabang Kota Pontianak Ny.Indie Adhe Hariadi,wakil ketua Bhayangkari Cabang Pontianak Ny.Novi Darma dan sejumlah pengurus Yayasan Kemala Bhayangkari cabang Pontianak.

Kapolresta Pontianak Kombes Pol Adhe Hariadi, S.I.K, MH disela-sela kegiatan tersebut mengatakan, "Kegiatan ini dalam rangka Hut Yayasan Kemala Bhayangkari yang ke-43, sebagai ungkapan rasa keluarga besar,bantuan ini juga sebagai bentuk kepedulian kepada warakawuri yang suaminya telah meninggal dunia.

Lanjutnya,biar bagaimanapun mereka pernah menjadi keluarga besar Polri dan selama berdinas juga telah berkontribusi kepada Institusi". Tutupnya.

Diketahui dua orang warakawuri yang menerima tali asih Nyonya K. Mukmin dan Nyonya Saiful yang mendiang suaminya pernah berdinas dipolresta Pontianak yang meninggal dunia tahun 2008 yang lalu karena sakit.

Penulis. : DJ

Polsek Jongkat Ringkus Pelaku Pencurian dengan Pemberatan di 3 TKP, Berikut Kronologi Aksi Pelaku


MEMPAWAH - Polsek Jongkat, Polres Mempawah, berhasil meringkus seorang pria yang diduga pelaku perkara pencurian dengan pemberatan dengan tiga Tempat Kejadian Perkara (TKP) di wilayah hukum Polsek Jongkat pada Sabtu 25 Februari 2023.

Diketahui pelaku berinisial SA (38) merupakan warga Kota Pontianak dan merupakan residivis perkara pencurian dengan pemberatan (Curat) di Polresta Pontianak.

Kapolres Mempawah AKBP Fauzan Sukmawansyah, melalui Kapolsek Jongkat Ipda Fadhila Nugrah Sakti membenarkan tentang diringkusnya terduga pelaku pencurian dengan pemberatan yang ada di tiga TKP di wilayah hukum Polsek Jongkat.

Dikatakan Ipda Fadhila, aksi pencurian pelaku dimulai pada 2 Februari 2023 sekira pukul 06.00 WIB, di Jalan Raya Wajok Hilir, Kecamatan Jongkat, Kabupaten Mempawah.

Saat itu korban atas nama Agus Supandi warga Wajok Hilir, Kecamatan Jongkat kecurian satu unit HP merk Samsung A02S warna putih di warung miliknya.

Kronologis singkatnya terang Kapolsek, pada hri kejadian istri pelapor hendak membuka warung dan melihat kunci gembok warung bagian bawah sudah dalam keadaan rusak dan kunci gembok bagian atas masih dalam keadaan utuh.

"Kemudian pelapor langsung mengecek ke dalam warung sudah dalam keadaan berantakan dan melihat satu unit HP merk Samsung A02S warna putih yang disimpan dalam lemari sudah tidak ada, rokok yang disimpan di etalase juga tidak ada, serta uang yang disimpan di laci meja sebanyak Rp. 150.000 juga hilang. Atas kejadian tersebut pelapor mengalami kerugian sekitar Rp. 3.149.000, dan melaporkannya ke Polsek Jongkat untuk ditindaklanjuti," terang Ipda Fadhila kepada TribunPontianak, Senin 27 Februari 2023.

Berselang dua hari setelah aksi pertamanya, pelaku SA kembali melakukan aksi pencuriannya pada 4 Februari 2023 di Peniti Luar Kecamatan Jongkat.

Sama seperti aksi pertamanya, di TKP kedua ini pelaku juga membobol warung/Toko milik warga. Kali ini Toko milik orangtua Wasis Pribadi di Peniti Luar Kecamatan Jongkat yang menjadi korbannya.

Pada hari kejadian Sabtu 4 Februari 2023 sekira pukul 05.00 WIB saat ibu kandung pelapor hendak membuka toko melihat pintu folding gate toko dalam keadaan terbuka, kemudian memanggil pelapor dan mengecek barang-barang.

"Setelah diperiksa ada barang yang hilang berupa uang sekitar Rp. 3.500.000, yang disimpan di laci toko, uang sekitar Rp. 2.500.000, yang disimpan di toples dalam toko, satu unit HP merk Oppo A16K warna putih yang tersimpan di laci toko. Atas kejadian tersebut pelapor mengalami kerugian sekitar Rp. 8.199.000, dan melaporkannya ke Polsek Jongkat untuk ditindaklanjuti," terang Ipda Fadhila.

Setelah melakukan aksi di dua TKP, nampaknya pelaku masih belum kapok dan kembali melancarkan aksinya pada 11 Februari 2023 sekitar pukul 03.00 WIB di Wajok Hilir Kecamatan Jongkat dengan korban/pelapor atas nama Hendry warga Sungai Jawi Luar, Kecamatan Pontianak Barat, Kota Pontianak, yang memiliki toko di Wajok Hilir.

Dikatakan Kapolsek, kasus pencurian tersebut diketahui korban ketika hendak membuka tokonya pada Minggu 12 Februari 2023 sekitar pukul 19.00 WIB, melihat pintu toko sudah terbuka sedikit, dan melihat tempat penyimpanan uang sudah tidak ada, serta tempat rokok juga sudah kosong (yang sebelumnya berisi 117 bungkus rokok berbagai merk).

"Kemudian keesokan harinya Senin 13 Februari 2023 korban melihat CCTV dan ternyata ada barang lain yang hilang, antara lain parfum, senter, semir rambut, air minum Sprite di kulkas, dan kunci gembok dibawah gerobak dalam keadaan rusak," jelas Kapolsek.

"Atas kejadian tersebut pelapor mengalami kerugian sebanyak Rp. 3.419.000, dan melaporkannya ke Polsek Jongkat untuk ditindaklanjuti," lanjut Ipda Fadhila menerangkan.

Setelah melakukan aksinya di tiga TKP berbeda, akhirnya pada Sabtu 25 Februari 2023 sekira pukul 07.00 WIB, SA diringkus Unit Reskrim Polsek Jongkat di rumah mertuanya di Jalan Tani Makmur, Kecamatan Pontianak Selatan, Kota Pontianak, setelah dilakukan penyelidikan yang mendalam oleh jajaran Polsek Jongkat.

"Saat dilakukan penangkapan pelaku SA mengakui perbuatannya melakukan pencurian dengan pemberatan di tiga TKP berbeda tersebut. Dan Saat ini pelaku sudah kita amankan," ungkap Ipda Fadhila.

Polisi Tengah Lakukan Pengejaran Pelaku Pencurian dan Kekerasan

Kubu Raya - Nita (23) warga Komplek Randy Mansion Desa Mekar Baru Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya menjadi diduga menjadi korban Pencurian dengan Kekerasan yang terjadi pada Minggu 26 Februari 2023. Polisi masih melakukan pengejaran terhadap pelaku.

Kasubsie Penmas Polres Kubu Raya Aipda Ade membenarkan kejadian itu, namun ini masih dugaan dan saat ini Tim Satuan Reserse Kriminal Polres Kubu Raya bersama Tim Joker Polsek Sungai Raya tengah melakukan penyelidikan atas Kasus tersebut.

“ Saat ini Korban sudah melaporkan kejadian tersebut secara resmi ke Polres Kubu Raya, dengan laporan tersebut petugas leluasa dalam melaksanakan tugasnya di lapangan, terang Ade, Senin 27/2/23.

Diketahui Korban saat itu hendak mencuci piring kotor ke dapur rumahnya, saat korban membuka pintu sesosok pria yang memegang senjata tajam berupa parang sudah berdiri dan melakukan pengancaman terhadap korban, karena kaget korban berteriak hingga terjatuh di samping kamar mandi didalam rumahnya, terang Ade

Saat itu pelaku memaksa korban berdiri dan mengancam kembali agar korban tidak berteriak dengan mengatakan “ Jangan Teriak” sambil mengacungkan sebilah parang yang diarahkan terhadap korban. Kemudian pelaku meminta uang, dan korban memberikan uang yang saat itu ada padanya sebesar Rp. 180.000.- ( seratus delapan puluh ribu rupiah), kata Ade

Selanjutnya, pada saat pelaku lengah, korban merampas sebilah parang tersebut dari genggam tangan pelaku dan korban langsung berteriak untuk meminta tolong kepada warga sekitar, teriakan korban membuat pelaku kabur ke semak-semak belakang korban, pungkas Ade  

“ Korban tidak mengalami luka namun mengalami trauma psikis akibat kejadian tersebut. Dengan kejadian tersebut kami mohon kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kubu Raya jika melihat, mendengar dan mendapatkan informasi apa pun tentang tindak pidana atau gangguan kamtibmas di wilayahnya jangan mengambil tindakan main hakim sendiri, percayakan semua kasus ini terhadap pihak berwajib dan kami mohon dukungan kepada seluruh warga Kabupaten Kubu Raya agar semua kasus yang ditangani oleh Polres Kubu Raya ini cepat terungkap, tegas Ade.
    
Penulis : humas_resKR
Editor  : Aipda Ade

Call Centre NAMPONG KELOH Polres Kubu Raya :
Instagram @polreskuburaya/@kapolreskuburaya
Email polreskuburaya@gmail.com
WhatsApp 08115684456

#KRGassNoLimit
#KRLove,Care&Share
#SalamPRESISI

Pemkab Kubu Raya Gelar Apel Siaga Karhutla, Bupati Kubu Raya : Saling Bahu Membahu dalam Pencegahan Penanganan Karhutla


Kubu Raya - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat bersama TNI/Polri, Basarnas, Manggala Agni, Damkar Swasta dan MPA (masyarakat peduli api) menggelar Apel Siaga Penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di halaman Kantor Bupati Kubu Raya Jalan Arteri Supadio, Desa Limbung, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Senin (27/2/23) pagi.

Dalam Gelar apel tersebut Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan mengatakan,  Pagi ini kita melaksanakan apel Siaga Pencegahan dan Penanggulangan Karhutla, yang mana minggu kemarin sudah bermunculan titik-titik api di wilayah dan dilakukan upaya penanggulangan

Perlu diketahui,  Prediksi BMKG kemarau tahun ini akan panjang, sehingga perlu menyiapkan langkah-langkah dalam pencegahan dan penanggulangan Karhutla, Kubu Raya mempunyai titik kawasan strategis yaitu Bandara, jangan sampai dampak karhutla mengganggu penerbangan, mengingat Kubu Raya mempunyai 80% lahan gambut, pemda sudah meminta kepada semua Desa untuk membantu dalam pencegahan karhutla berkoordinasi dengan pemangku kepentingan di tingkat bawah.

“ Terimakasih kepada TNI - Polri, Manggala Agni dan relawan api dalam upaya pencegahan dan penanggulangan karhutla dalam beberapa hari kemarin, Personil dan peralatan agar termanfaatkan dan digunakan dengan baik dan supaya di lapangan saling bahu membahu dalam pencegahan penanganan karhutla, terang Muda.

Muda mengungkapkan, Sebaran titik api agar dimonitor sehingga dapat dengan segera diminimalisir dan mencegah penyebarannya sehingga tidak  meluas, apalagi sampai mendekati fasilitas umum dan pemukiman masyarakat.
“ Pemda Kubu Raya akan mendukung dan mengawal upaya dan langkah - langkah rekan-rekan damkar dan stakeholder lainnya dalam upaya penanggulangan Karhutla di Kabupaten Kubu Raya,”kata Muda.

“ Kedepan kita akan terus berkoordinasi baik dengan Polres Kubu Raya, Kodim 1207 Pontianak, BPBD, dan Manggala Agni serta semua pihak,“ tutupnya.

Kapolres Kubu Raya, AKBP Arief Hidayat, S.H., S.I.K., dalam amanatnya mengatakan,  Perkiraan BMKG tahun ini akan ada kemarau panjang dan saat ini juga sudah memasuki musim kemarau sehingga perlunya antisipasi karhutla dan koordinasi serta kerjasama semua pihak dalam pencegahan dan penanganan karhutla di Kabupaten Kubu Raya.

“ Polres Kubu Raya bersama TNI dan pemerintah daerah telah menyiapkan sarana dan prasarana untuk mempersiapkan upaya pencegahan dan penanggulangan Karhutla, terangnya.

" Seluruh personil di jajaran Polres Kubu Raya juga sudah disiapkan, mulai dari Polsek maupun Bhabinkamtibmas agar lebih sigap dan cepat bergerak ketika menemukan titik karhutla," ungkap Kapolres.

Kemudian, Kapolres mengharapkan agar pada tahun 2023 yang saat ini memasuki musim kemarau Polres Kubu Raya tidak henti-hentinya menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar.
"Kita juga minta peran aktif dari masyarakat untuk memberikan informasi ketika menemukan titik api di wilayahnya, sehingga kami secara kepong bakul bersama TNI dan pemerintah daerah bisa cepat menanggulanginya," pinta Kapolres.

Selanjutnya,  Kapolres mengungkapkan, Penekanan Kapolda tatap memberikan himbauan dan edukasi kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar. Tetap semangat, jalin komunikasi dalam pelaksanaan tugas dilapangan dan tetap jaga keselamatan, tegas Arief.

Penulis : humas_resKR
Editor  : Aipda Ade

Call Centre NAMPONG KELOH Polres Kubu Raya :
Instagram @polreskuburaya/@kapolreskuburaya
Email polreskuburaya@gmail.com
WhatsApp 08115684456

#KRGassNoLimit
#KRLove,Care&Share
#SalamPRESISI

Sabtu, 25 Februari 2023

PAM Peletakan Batu Pertama Pembangunan Tugu Istigfar depan Mesjid Raya dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1444H /2023 di Kota Singkawang Polsek Singkawang Barat Polres Singkawang

Singkawang Polda Kalbar Polres Singkawang Polsek Singkawang Barat pengamanan peletakkan batu pertama pembangunan Tugu Istiqfar hari Jum'at tanggal 24 Februari 2023 pukul 15.40 sd 16.15 wib telah diaksanakan kegiatan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Tugu Istigfar depan Mesjid Raya Singkawang dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1444H /2023 di Kota Singkawang.

Hadir dalam kegiatan Pj. Wali Kota Singkawang, Drs. H. Sumastro.M.Si, Ketua DPRD Kota Singkawang, Sujianto.,vPlh. Sekda Kota Singkawang, Asyir H. Bakar, Kepala Bappeda Kota Singkawang, Ir. Yusnita fitriadi, Kepala Badan Keuangan Daerah Kota Singkawang, Widatoto, Ketua MUI kota Singkawang, Abdul Halim. Lc, Ketua semarak Ramadhan 1444 H Kota Singkawang, Drs. Syeh Bandar. M. Si., Ketua zikir Nazam Kota Singkawang, H.Ashari Arahap., Lurah melayu., Ketua Yayasan Mesjid Raya Kota Singkawang, Ahmad Kismed., Para tokoh Muslim Kota Singkawang, Perwakilan Ormas Islam dan Melayu Kota Singkawang.

Kata sambutan Pj. Walikota Singkawang
- Memanjatkan puji sukur kepada Allah SWT yang mana bisa berkumpul di Kota Singkawang dengan niat baik kita  menyemarakan Ramadan 1444 H di Kota Singkawang.
- Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka peletakan Batu Pertama Pembangunan Tugu Istigfar depan Mesjid Raya dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1444H / 2023 di Kota Singkawang.
- Kita sudah ada program dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1444 H / tahun 2023 di Kota Singkawang dan disini menjadi suatu titik fokus perhatian yang akan dibangun Tugu Kaligrafi Istigfar dalam bentuk duduk dan menghadap kiblat.
- Sebagai umat islam kita tidak lama lagi akan berhadapan Bulan Suci Ramadhan 1444 H, mari kita duduk bersimpuh semoga kita mendapatkan berkah dan ridho dari Allah SWT dan semoga kita hidup dalam kedamaian kebersamaan sehingga kota Singkawang menjadi Kota Tertoleran di Indonesia 
- Mengharapkan kepada masyarakat  Kota Singkawang agar merawat Kebhinekaan dan bersatu padu di dalam rumah kita yaitu Kota Singkawang serta mengharapkan seluruh umat Islam di Kota Singkawang bisa bersatu padu menyiarkan islam yang rahmatan lilalamin dan memberikan berkah kepada kita semua.
- Mari kita kuatkan komitmen bersama sama membangun persaudaraan yang sejati dan kita tunjukan ketauladanaan sebagai umat islam yang rahmatan lilalamin.
- Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim kegiatan menyemarakan ramadhan 1444 H dengan menghias Kota dan sejumlah titik yang sudah dirancang secara resmi dinyatakan dimulai oleh Pj. Wali Kota Singkawang.

Kapolsek Singkawang Barat Polres Singkawang Polda Kalbar Akp Dwi Raharjo, SH, MH melalui Akp Irwanto menjelaskan dengan kehadiran Polri untuk memberikan rasa aman dengan melaksanakan penjagaan dan pengaturan lalu lintas hingga kegiatan berjalan lancar dan aman.

Polisi Lakukan Penyelidikan Mendalam Terkait Tewasnya Pengemudi Ojol


Kubu Raya - Petugas Polres Kubu Raya mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP) penemuan mayat seorang laki-laki di Jalan .Bujang Taro, Desa Sungai Rengas Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya setelah sebelumnya mendapatkan informasi dari masyarakat, Sabtu (25/2/23) jam 05.00 Wib 

Kapolres Kubu Raya, AKBP Arief Hidayat, S.H., S.I.K melalui kasubsie Penmas Polres Kubu Raya Aipda Ade membenarkan penemuan mayat seorang laki-laki yang menggunakan jaket driver ojol tersebut di tepi Parit Timor Jalan Bujang Taro dengan kondisi mengenaskan. 

" Korban ini ditemukan pertamakali oleh warga berinisial MA warga Karya tani sekira jam 02.00 Wib, saksi melihat adanya seorang pria yang tergeletak dan sudah tidak bernyawa bersimbadarah di tepi parit timor pada saat ia akan mengambil sari gula aren, saksi kaget dan berlari menuju pulang dan melaporkan kejadian tersebut ke pihak RT, setelah warga dan saksi melihat lokasi tersebut untuk pembenaran barulah saksi menghubungi Polsek Sungai Kakap pada jam 05.00 Wib," jelas Ade.

" Petugas Inafis Polres Kubu Raya melakukan serangkaian olah TKP, diduga driver ojol ini menjadi Korban pembunuhan, dugaan ini dikuatkan dengan hasil luka yang didapati oleh fisik korban yakni luka pada leher belakang dan depan, dagu serta luka di telapak tangan, kata Ade

Korban bernama Ahmad Faisal (33) asal Bogor merupakan salah satu karyawa driver Ojol Online, korban terakhir mendapati orderan sekira jam 22.00 Wib, namun pada jam 24.00 Wib korban sudah tidak bisa dihubungi lagi oleh istrinya serta keluarga korban.

" Sampai detik ini Kasat Reskrim Polres Kubu Raya, Iptu Indrawan Wira Saputra bersama Satuan Reserse Kriminal Polres Kubu Raya melakukan penyelidikan mendalam untuk mengungkap motif dugaan pembunnuhan ini, sesuai dengan perintah langsung Kapolres Kubu Raya. Adapun beberapa barang korban, seperti sepeda motor dan telepon genggam hilang, tegas Ade.

Ade mengatakan, Saat ini Jenazah korban sudah berada di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Kalbar untuk dilakukan otopsi lebih lanjut guna mengungkap penyebab kematiannya dan pihak keluarga sudah dihubungi oleh petugas, tutup Ade

 
Penulis : Kontributor humas_resKR
Editor  : Aipda Ade

Call Centre NAMPONG KELOH Polres Kubu Raya :
Instagram @polreskuburaya/@kapolreskuburaya
Email polreskuburaya@gmail.com
WhatsApp 08115684456

#KRGassNoLimit
#KRLove,Care&Share
#SalamPRESISI

Kapolres Bengkayang Hadiri Ritual Nyasah Tanah Untuk Terwujudnya Situasi Kamtibmas Yang Kondusif.


Kapolres Bengkayang AKBP Dr. Bayu Suseno, S.H., S.I.K, M.M., M.H. menghadiri pelaksanaan ritual Nyasah Tanah yang bertempat di lokasi Perusahaan PT.JO perdana Agry Technology di Desa Serindu, Kecamatan Monterado, Kabupaten Bengkayang pada Jumat pagi (24/02/2023).

Ritual Nyasah Tanah merupakan salah satu ritual adat suku Dayak untuk menolak bala. Pelaksanaan ritual adat tolak bala dipimpin oleh Ketua Adat Desa Jahandung yaitu Bapak Linus. "Maksud dan tujuan diadakannya ritual adat dan pembuatan tugu perdamaian adalah agar kita berdamai dengan alam, dengan mahkluk tak kasat mata dan dengan sesama manusia. Hal ini penting dilakukan karena kita semua adalah sama - sama ciptaan Tuhan, sehingga kita dijauhkan dari musibah dan kejadian yang tidak diinginkan." Ujar Linus.

Dalam kesempatan yang sama Ketua DAD (Dewan Adat Dayak) Kecamatan Monterado yaitu Bapak Paulus, S.H., menjelaskan tentang filosofi Dayak HEBAT. "Saya ingin menjelaskan bahwa Dayak HEBAT itu singkatan dari (Harmoni,
Elegan, Beradat, Amanah dan Tegas). Arti dari Harmoni adalah kita harus menjaga keharmonisan kepada sesama, agar kita diberikan keselamatan oleh Yang Maha Kuasa", tutur Paulus.

Ritual adat tolak bala tersebut juga dihadiri Bupati Bengkayang yang diwakili oleh Asisten II,  Perekomian dan Pembangunan Dody Waluyo, S.Stp, M.Si,
Ketua DAD Kabupaten Bengkayang Martinus Kajot, Kapolsek Capkala Iptu Hasan, Komisaris PT. Jo Satimin, Manager Operasional PT. Jo Yenny Salean, Manager Kebun PT. Jo Andreas, Karyawan PT. Jo dan warga kecamatan Monterado sejumlah 60 orang.

Kapolsek Monterado Iptu Edy Wuriyawan, S.H.,M.H., beserta personelnya turut memantau dan melakukan pengamanan acara tersebut untuk memastikan pelaksanaannya berjalan dengan aman dan lancar.

Pada kesempatan itu Kapolres Bengkayang menyampaikan pesan agar seluruh lapisan masyarakat bersama-sama menjaga keamanan di Kecamatan Monterado.

"Mari kita jaga keamanan di Kecamatan Monterado dan Capkala agar selalu kondusif. Saya harap masyarakat jangan mudah terprovokasi dan melakukan perbuatan yang merugikan diri sendiri, orang lain dan keluarga. Tahun ini kita sudah memasuki tahun politik oleh karena itu apabila ada permasalahan kecil agar segera diselesaikan, permasalahan yang besar kita kecilkan,  sehingga pada tahun politik tidak dijadikan alat politik", ucap Kapolres.

"Semoga dengan pelaksanaan ritual adat ini tidak ada lagi perselisihan antar sesama , sehingga kita bisa kembali beraktifitas dengan nyaman", ucap Bayu.

Asisten Bupati Bengkayang juga menyampaikan terkait dengan investasi bahwa untuk terwujudnya investasi daerah, maka salah satu prasyaratnya adalah keamanan. "Pemda mengapresiasi kegiatan ritual adat ini untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif di Kecamatan Monterado dan Capkala." Ujar Dody.

Manager Operasional PT. Jo, ibu Yenny Salean menjelaskan tentang rencana pembangunan pabrik kelapa sawit. "Apabila kondisi keamanan di wilayah Kecamatan Monterado dan Capkala semakin kondusif maka kedepan kami akan mendirikan pabrik kelapa sawit disini. Sehingga masyarakat yang memilki kebun sawit akan lebih mudah menjual tandan buah segar ke pabrik tersebut." Tutur Yeni.

Kegiatan berjalan dengan lancar sampai berakhir pelaksanaan adat tersebut, Kapolsek Monterado berterimakasih kepada masyarakat yang sudah turut mendukung pelaksanaan ritual adat sehingga berjalan tanpa kendala.

"Terima kasih kepada seluruh masyarakat yang sudah mendukung kegiatan adat ini sehingga berjalan dengan aman dan lancar, kedepannya saya berharap situasi Kamtibmas yang kondusif ini tetap dipertahankan, kita jalin tali persaudaraan jangan sampai ada perselisihan yang dapat merugikan kita semua", ajak Kapolsek.

Kapolres Bengkayang Hadiri Ritual Nyasah Tanah Untuk Terwujudnya Situasi Kamtibmas Yang Kondusif.


Kapolres Bengkayang AKBP Dr. Bayu Suseno, S.H., S.I.K, M.M., M.H. menghadiri pelaksanaan ritual Nyasah Tanah yang bertempat di lokasi Perusahaan PT.JO perdana Agry Technology di Desa Serindu, Kecamatan Monterado, Kabupaten Bengkayang pada Jumat pagi (24/02/2023).

Ritual Nyasah Tanah merupakan salah satu ritual adat suku Dayak untuk menolak bala. Pelaksanaan ritual adat tolak bala dipimpin oleh Ketua Adat Desa Jahandung yaitu Bapak Linus. "Maksud dan tujuan diadakannya ritual adat dan pembuatan tugu perdamaian adalah agar kita berdamai dengan alam, dengan mahkluk tak kasat mata dan dengan sesama manusia. Hal ini penting dilakukan karena kita semua adalah sama - sama ciptaan Tuhan, sehingga kita dijauhkan dari musibah dan kejadian yang tidak diinginkan." Ujar Linus.

Dalam kesempatan yang sama Ketua DAD (Dewan Adat Dayak) Kecamatan Monterado yaitu Bapak Paulus, S.H., menjelaskan tentang filosofi Dayak HEBAT. "Saya ingin menjelaskan bahwa Dayak HEBAT itu singkatan dari (Harmoni,
Elegan, Beradat, Amanah dan Tegas). Arti dari Harmoni adalah kita harus menjaga keharmonisan kepada sesama, agar kita diberikan keselamatan oleh Yang Maha Kuasa", tutur Paulus.

Ritual adat tolak bala tersebut juga dihadiri Bupati Bengkayang yang diwakili oleh Asisten II,  Perekomian dan Pembangunan Dody Waluyo, S.Stp, M.Si,
Ketua DAD Kabupaten Bengkayang Martinus Kajot, Kapolsek Capkala Iptu Hasan, Komisaris PT. Jo Satimin, Manager Operasional PT. Jo Yenny Salean, Manager Kebun PT. Jo Andreas, Karyawan PT. Jo dan warga kecamatan Monterado sejumlah 60 orang.

Kapolsek Monterado Iptu Edy Wuriyawan, S.H.,M.H., beserta personelnya turut memantau dan melakukan pengamanan acara tersebut untuk memastikan pelaksanaannya berjalan dengan aman dan lancar.

Pada kesempatan itu Kapolres Bengkayang menyampaikan pesan agar seluruh lapisan masyarakat bersama-sama menjaga keamanan di Kecamatan Monterado.

"Mari kita jaga keamanan di Kecamatan Monterado dan Capkala agar selalu kondusif. Saya harap masyarakat jangan mudah terprovokasi dan melakukan perbuatan yang merugikan diri sendiri, orang lain dan keluarga. Tahun ini kita sudah memasuki tahun politik oleh karena itu apabila ada permasalahan kecil agar segera diselesaikan, permasalahan yang besar kita kecilkan,  sehingga pada tahun politik tidak dijadikan alat politik", ucap Kapolres.

"Semoga dengan pelaksanaan ritual adat ini tidak ada lagi perselisihan antar sesama , sehingga kita bisa kembali beraktifitas dengan nyaman", ucap Bayu.

Asisten Bupati Bengkayang juga menyampaikan terkait dengan investasi bahwa untuk terwujudnya investasi daerah, maka salah satu prasyaratnya adalah keamanan. "Pemda mengapresiasi kegiatan ritual adat ini untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif di Kecamatan Monterado dan Capkala." Ujar Dody.

Manager Operasional PT. Jo, ibu Yenny Salean menjelaskan tentang rencana pembangunan pabrik kelapa sawit. "Apabila kondisi keamanan di wilayah Kecamatan Monterado dan Capkala semakin kondusif maka kedepan kami akan mendirikan pabrik kelapa sawit disini. Sehingga masyarakat yang memilki kebun sawit akan lebih mudah menjual tandan buah segar ke pabrik tersebut." Tutur Yeni.

Kegiatan berjalan dengan lancar sampai berakhir pelaksanaan adat tersebut, Kapolsek Monterado berterimakasih kepada masyarakat yang sudah turut mendukung pelaksanaan ritual adat sehingga berjalan tanpa kendala.

"Terima kasih kepada seluruh masyarakat yang sudah mendukung kegiatan adat ini sehingga berjalan dengan aman dan lancar, kedepannya saya berharap situasi Kamtibmas yang kondusif ini tetap dipertahankan, kita jalin tali persaudaraan jangan sampai ada perselisihan yang dapat merugikan kita semua", ajak Kapolsek.

Jaga kebersihan mako , Kapolsek Pontianak Selatan bersama personilnya melaksanakan korrve di mako. polsek Pontianak Selatan.PONTIANAK Kalbar - personel Polsek



Pontianak Selatan melakukan kegiatan  kerja bakti bersama membersihkan halaman dan ruangan staf Mapolsek Pontianak Selatan pada Sabtu, 25 /02/2023


Kerja bakti yang dipimpin langsung oleh Wakapolsek Akp Sutardi, S. Sos ini dilakukan dengan membersihkan jendela, pintu dan kotoran sisa-sisa sampah yang ada di sekitaran Mapolsek, ruangan masing-masing unit, serta mengumpulkan barang-barang yang sudah tidak layak untuk dibuang.


Menurut Kapolsek Pontianak Selatan Kompol Anne Tria Sefyna, S. H.,S.I.K melalui Wakapolsek Akp Sutardi , S. Sos ini adalah salah satu wujud implementasi dari salah satu program Polresta Pontianak Kota dimana kebersihan merupakan cermin pribadi anggota, disamping itu juga untuk mencegah penyakit dimana saat ini sudah mulai musim penghujan .

Ia pun berharap agar seluruh anggota melaksanakan kegiatan ini dengan ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab, dimana kebersihan sangat penting, sehingga masyarakat yang datang merasa nyaman jika melihat kantor Polisinya bersih, tambah Kapolsek.

Kegiatan bersih bersih ruangan dan mako. Ini agar dilaksanakan rutin sebelum jam pulang kantor dengan mengecek semua perlatan kantor baik sampah dan peralatan elektronik dan aliran listrik "ujar Kompol Anne
(Humas Polsek Pontianak Selatan) 

Jumat, 24 Februari 2023

Tes Jasmani Berkala Brimob Kalbar, Menjaga Daya Tahan Tubuh Personel

Pontianak, Polda Kalbar - Pejabat Utama Satbrimob Polda Kalbar melaksanakan tes kesamaptaan jasmani berkala semester I tahun 2023 di Mako Satbrimob Polda Kalbar. Jum’at (24/02/23)

Kesemaptaan jasmani kali ini dilaksanakan oleh pejabat utama Satbrimob Polda Kalbar, ini merupakan tes kesamaptaan jasmani berkala semester I tahun 2023. Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan terjaganya fisik prajurit Brimob Polri khususnya Satbrimob Polda Kalbar, yang akan menghadapi segala tugas serta tantangan ke depannya.

Kegiatan ini kita mulai dari para perwira jajaran Satbrimob Polda Kalbar yang mengikuti tes kesamaptaaan jasmani semester I tahun 2023, semoga dengan adanya kegiatan ini personil Brimob Polri dapat meningkatkan kebugaran dan kesehatan jasmani, ujar Dansatbrimob Kombes Pol. M. Guntur.

Adapun pelaksanaan kegiatan kesamaptaan jasmani berkala Brimob meliputi lari 12 menit, pull up, sit up atau push up dan shuttle run. “Diharapkan dengan diselenggarakannya tes kesamaptaan jasmani ini dapat meningkatkan kemampuan personel secara periode setiap 6 bulan sekali, sehingga bisa menjaga stabilitas kesehatan fisik dan menjaga kesehatan setiap personel, kegiatan ini juga merupakan syarat mutlak kepada para personil yang akan sekolah untuk meningkatkan karier kedepan. Semoga dengan kesemaptaan ini personel Polri tangguh dan siap jika diperlukan setiap saat,” tambah Dansatbrimob Polda Kalbar.

Jum'at Curhat Kapolresta Pontianak Bersama Tim Kewaspadaan Dini Kota Pontianak Bahas Situasi Kamtibmas



Pontianak - Program jum'at curhat Polresta Pontianak terus bergulir sebagai program menampung aspirasi dan masukan dari masyarakat terkait pelayanan Kepolisian dan Kamtibmas.

Kali ini Jum'at Curhat Kapolresta Pontianak bersama Tim Kewaspadaan Dini Kota Pintianak yang berlangsung Jum'at (24/2/2023) pagi di Caffe Kapal Hotel Kartika Jl. Rahadi Usman Kecamatan Pontianak Kota.

Hadir dalam kegiatan tersebut,Kapolresta Pontianak didampingi Kasat Intelkam,Kapolsek Kawasan Pelabuhan Dwi Kora Kasi Propam,Kasi Humas dan beberapa pejabat dilingkungan Polresta Pontianak,sementara itu dari Tim Kewaspadaan Dini Kota Pontianak dihadiri oleh Ketua PWNU Kalbar KH. Syarif, Tokoh Masyrakat MKBM Kota Pontianak H. Muhammad Fauzi, Tokoh Masyarakat Agusman, Tokoh Masyrakat H. Syafarudin,Tokoh Masyrakat M. Sami, Tokoh Masyrakat Arif Rahman, Tokoh Masyarakat H. Nanang.

Dalam dialog yang berlangsung santai tersebut,beberapa tokoh menyampaikan dukungannya kepada Polresta Pontianak dalam menjaga situasi kamtibmas Kota Pontianak tetap aman dan kondusif,dan tokoh masyarakat H. Fauzi mengatakan, "Terkait narkoba, dirinya menyoroti bahwa peredaran narkoba sudah menghawatirkan di kota pontianak,Agar melakukan pendekatan kepada tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk memberikan solusi terkait narkoba,hal senada juga disampaikan oleh tokoh masyarakat Agusman.

Menanggapi hal itu,Kapolresta Pontianak Kombes Pol Adhe Hariadi, S.I.K, MH mengatakan, "Terkait Narkoba,Kami tetap berkomitmen kalau memang terbukti pelaku, pengedar,ataupun pengguna kami tidak akan segan-segan untuk melakukan penindakan tegas terhadap kasus narkoba, dan kami juga akan berupaya dengan maksimal untuk mengatasi terkait kejahatan jalanan yang akhir-akhir ini meresahkan masyarakat.

Lanjut Adhe,Ini semua merupakan pekerjaan rumah untuk Polresta Pontianak dan jajaran kami, kedepan kita bisa berkolaborasi dan  berkerja sama dengan baik untuk menjaga situasi kamtibmas yang kondusif di Kota Pontianak dan mudah - mudahan Kota Pontianak aman tidak ada kebakaran hutan".Tegas Adhe.


Penulis. : DJ

Gelar Jum'at Curhat Kapolsek Pontianak Selatan ngobrol. bareng dengan Mahasiswa Universitas Tanjung Pura Pontianak.


PONTIANAK, KALBAR - Kapolsek Pontianak Selatan Kompol Anne Tria Sefyna, S.H.,S.I.K gelar jum'at curhat dengan ngobrol bareng Mahasiswa untuk menampung aspirasi dari Mahasiswa Untan Pontianak  Kamis, 23 Februari 2023


Jum'at curhat ini sebagai salah satu upaya komunikasi antara Polsek Pontianak Selatan dan masyarakat  dan untuk. Kali ini Kapolsek Pontianak Selatan menggunakan momen ininuntuk. Curhat dan ngobrol bareng dengan Mahasiswa  Fak. Fisip  Fak Ekonomi  Fak Hukum Untan Pontianak. 
Dalam kegiatan ini Mahasiswa merespon kegiatan ini dengan baik dan merasa. Akan lebih dekat dengan Polisi dan bisa bertukar pikiran dengan Kapolsek Pontianak Selatan 
Mahasiswa berharap menjelang tahun politik ini semoga Aparat bisa menjaga situasi yang aman dan kondusif. 
Kapolsek Pontianak sekatan mengatakan bahwa "Ini merupakan bentuk keterbukaan Polri terhadap kritikan dan masukan, sekaligus sebagai upaya mendorong kedekatan Polri dengan masyarakat," ungkapnya.

Sehingga dari curhatan tersebut dapat dicarikan solusi dan penanganannya, untuk memastikan kondisi baik di masyarakat maupun lingkungan Kepolisian bisa kondusif dan berjalan lancar, serta untuk menjadi bahan evaluasi dan mencarikan solusi terkait permasalahan yang di alami masyarakat Kota Pontianak. 
Masyarakat  merasa senang bisa bercerita langsung bersama Kapolsek Pontianak Selatan sehingga dengan berkah jum'at curhat ini bisa menjadi solusi bagi masyarakat 

"Program Jum'at Curhat ini rencananya akan rutin dilaksanakan , selain menjalin silaturahmi juga menciptakan kedekatan yang erat antara Polsek Pontianak Selatan dan masyarakat," tutup Kapolsek Pontianak Selatan. 

(Humas Polsek Pontianak Selatan) 








Songsong Pemilu Damai 2024, Kapolres Mempawah Ajak Masyarakat Jaga Kerukunan


MEMPAWAH - Kapolres Mempawah AKBP Fauzan Sukmawansyah mengatakan Ngopi Toleransi yang dilaksanakan bersama FKUB, Penyelenggara Pemilu, dan Tokoh Agama, merupakan wujud antisipasi menjaga toleransi dan kerukunan untuk menyongsong Pemilu 2024 damai.

"Walaupun Pemilu masih lama, namun kita harus bergerak cepat melakukan antisipasi dini agar nantinya Pemilu 2024 bisa berjalan dengan damai dan kondusif dengan tetap terjaganya kerukunan," terang AKBP Fauzan Sukmawansyah kepada wartawan seusai Ngopi Toleransi di Cafe K-Tamb Mempawah, Kamis 23 Februari 2023.

Dikatakan Kapolres Mempawah, bukan hanya terkait Pemilu saja yang dibahas, terkait radikalisme, menangkal berita hoax dan lain sebagainya juga dibahas.

"Jadi jauh-jauh hari memang sudah kita persiapkan, jangan nanti sudah mulai panas suasananya baru kita mau bergerak. Jadi haru cipta kondisi sedini mungkin," terangnya.

Kapolres Mempawah berharap, Pemilu 2024 di Kabupaten Mempawah nantinya dapat berjalan kondusif dan tidak ada konflik.

"Kalau menurut yang disampaikan Bawaslu, pada Pemilu 2019 Mempawah memang rawan konflik, namun untuk sekarang ini termasuk kategori rendah. Hal itulah yang harus selalu kita jaga agar Mempawah tetap aman," katanya.

"Meskipun Bawaslu mengatakan untuk 2024 masuk kategori rendah, namun kita tidak boleh lengah, harus selalu kita antisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," lanjut Fauzan.

Kamis, 23 Februari 2023

POLRI Ajak Masyarakat Tidak Membakar Lahan dan Hutan


Kubu Raya - Polres Kubu Raya beserta jajaran terus proaktif melakukan upaya pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Semua Polsek bergerak melakukan upaya pre-emtif kepada masyarakat dengan cara memberikan himbauan agar tidak melakukan pembakaran lahan.

“Upaya mencegah Karhutla masuk dalam giat rutin kita melalui kegiatan sosialisasi kepada masyarakat agar memahami larangan melakukan pembakaran hutan dan lahan,” ujar Kapolres Kubu Raya AKBP Arief Hidayat, S.H., S.I.K., melalui Kasubsie Penmas Polres Kubu Raya Aipda Ade, Kamis (23/2/23).

Kasubsie Penmas mengatakan, giat pre-emtif tidak hanya memasang spanduk imbauan di tempat maupun lokasi yang rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan. Namun juga melalui giat turun langsung bertatap muka dengan masyarakat.

Polsek jajaran Polres Kubu Raya melalui Bhabinkamtibmas berama Babinsa melakukan patroli dilokasi rawan Karhutla dan mensosialisasi penekanan pelarangan membakar hutan dan lahan kepada masyarakat sekitarnya.

Menurut Ade, pencegahan Karhutla memerlukan dukungan masyarakat untuk bergandeng tangan bersama aparat terkait. Dengan demikian, wilayah Kabupaten Kubu Raya dapat terhindar dari Karhutla yang dilakukan oleh tangan manusia. Meskipun ada kemungkinan juga Karhutla terjadi karena dipicu kondisi suhu panas yang ekstrim.

“Penanganan Karhutla ini adalah tugas kita semua. Kami dari Polres Kubu Raya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama menjaga hutan dan lahan dari Karhutla, mari kita bersama saling peduli terhadap lingkungan sekitar., tegas Ade    . 


Penulis : Kontributor humas_resKR
Editor  : Aipda Ade

Call Centre NAMPONG KELOH Polres Kubu Raya :
Instagram @polreskuburaya/@kapolreskuburaya
Email polreskuburaya@gmail.com
WhatsApp 08115684456

Polsek Sekayam Berhasil Amankan Bandar Sabu Asal Sekayam


Polres Sanggau melalui Polsek Sekayam berhasil mengamankan Bandar Sabu berinisial MY (40) warga Dusun Balai Karangan I Desa Balai Karangan Kecamatan Sekayam Kabupaten Sanggau.

Penangkapan terduga Bandar Narkoba ini dibenarkan Kapolres Sanggau AKBP Suparno Agus Candra Kusumah, SH, S.I.K melalui Kapolsek Sekayam AKP M.R. Pardosi, SH, menerangkan bahwa keberhasilan tersebut tidak terlepas dari informasi yang diberikan masyarakat.

Dikatakan Kapolsek, Setelah mendapatkan informasi dari masyarakat kemudian dilaksanakan penyelidikan, selanjutnya pada hari Kamis tanggal 23 Februari 2023 sekira jam 01.50 WIB, petugas Kepolisian Polsek Sekayam berhasil mengamankan satu orang laki-laki berinisial MY (40) di rumah Kontrakannya di Dusun Bakai II Desa Balai Karangan Kecamatan Sekayam.

“Pada saat diamankan dan dilakukan pemeriksaan petugas berhasil menemukan barang bukti berupa 10 (sepuluh) paket plastik bening berklip yang berisi diduga narkotika jenis shabu, 1 (satu) unit timbangan digital, 1 (satu) buah sendok sabu yang terbuat dari plastik, 5 (lima) Pil di duga Ekstasi, dan uang sebanyak Rp. 127.000,” ungkap Kapolsek.

“Terhadap barang bukti yang ditemukan diakui kepemilikannya oleh pelaku selanjutnya terhadap pelaku beserta barang bukti dibawa dan diamankan ke Polsek Sekayam guna penyidikan lebih lanjut,” pungkasnya.

Licin Bagaikan Belut, Pelaku Kejahatan 15 TKP Ditembak Polisi


Kubu Raya - Dua kali lolos dari kejaran pihak kepolisian akhirnya pelaku maling motor berhasil di ringkuas oleh tim Gabungan Joker Polsek Sungai Raya dan Jatanras Polres Kubu Raya.  

PA Alias ARI Alias AL (29) warga Kelurahan Saigon Kecamatan Pontianak Timur ditangkap dirumahnya di Jalan Tanjung Raya II Gg.Karya II Kelurahan Saigon Kecamatan Pontianak Timur Kota Pontianak pada Senin (20/2/23) jam 15.00 Wib. 

Pria 29 tahun ini terpaksa dilumpuhkan petugas gabungan dengan timah panas di kaki sebelah kiri, lantaran pelaku melarikan diri dan melakukan perlawan terhadap petugas pada saat penangkapan. Dari tangan pelaku petugas mengamankan barang bukti 1 unit sepeda motor Yamaha Vega 110 CC Warna Perak KB 2668 HC

Saat dikonfirmasi Kamis 23 Februari 2023 pagi, Kapolres Kubu Raya, AKBP Arief Hidayat, S.H., S.I.K melalui Kapolsek Sungai Raya, AKP Hasiholand Saragih, S.H membenarkan penakapan PA Alias ARI Als AL (29) warga Kelurahan Saigon Kecamatan Pontianak Timur.

" Pada saat penangkapan, pelaku sempat melarikan diri dengan cara meloncat melewati jendela bagian belakang rumah pelaku, namun petugas berhasil menangkap pelaku, akan tetapi pelaku berhasil melepaskan diri dengan cara menendang petugas di bagian perut lalu naik ke atap rumah," kata Hasiholand

" Dengan sigap seorang petugas berupaya mengejar pelaku walaupun sempat mendapatkan luka robek di bagian kaki kanannya akibat menginjak beling di rumah pelaku. Akhirnya tersangka dapat dibekuk oleh petugas dengan tindakan tegas dan terukur, " pungkas Hasiholand.

" Pelaku ini merupakan residivis dan sangat licin, sudah dua kali lolos pada saat akan kami tangkap, namun yang ketiga ini dia naas, kata Hasiholand

Hasiholan membeberkan, setelah dilakukan penyelidikan mendalam, dua TKP pencurian sepeda motor di Komplek Srikandi GG.Padi Desa Sungai Raya Dalam Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya, PA Alias ARI Alisa AL lah pelakunya, namun untuk kendaraan sepeda motor Honda CRV wana abu-abu KB 2617 MX yang dicuri oleh pelaku dan di jual di Kabupaten Kapuas Hulu petugas masih melakukan pencarian barang bukti tersebut.

" Dari terungkapnya kasus pencurian sepeda motor di 2 (dua) TKP satu lokasi di GG.Padi Desa Sungai Raya Dalam Kecamatan Sungai Raya ini, terkuak bahwa pelaku ada melakukan tidak kejahatan di tempat lain, 4 TKP di Kecamatan Pontianak Timur dan 9 TKP di Kecamatan Tayan Kabupaten Sanggau, jadi di tambah 2 TKP di Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya di total 15 TKP, ungkap Hasiholand   

" Namun saat ini tim penyidik masih melakuka penyelidikan mendalam, tidak menutup kemungkinan pelaku ini memiliki komplotan dan masih ada melakukan perbuatan tindak kejahatan di wilayah Hukum Polres Kubu Raya, karna pelaku merupakan pencuri lintas Kabupaten," tegasnya

Akibat perbuatannya, pelaku disangkakan dengan pasal 363 KUHPidana, dengan ancaman hukuman penjara paling lama 7 tahun.

Penulis : Kontributor humas_resKR
Editor  : Aipda Ade

Call Centre NAMPONG KELOH Polres Kubu Raya :
Instagram @polreskuburaya/@kapolreskuburaya
Email polreskuburaya@gmail.com
WhatsApp 08115684456

#KRGassNoLimit
#KRLove,Care&Share
#SalamPRESISI

TNI Polri Mendampingi Kegiatan Mobile Skrinning HIV dan IMS ( Spilis ), di Wilayah Kel.Kuala Polsek Singkawang Barat Polres Singkawang

Singkawang Polda Kalbar Polres Singkawang Polsek Singkawang Barat TNI Polri Mendampingi kegiatan IMS hari Rabu,  tanggal 22 Pebruari 2023, pukul 19.30 SD 21.30 Wib telah dilaksanakan Monitoring Kegiatan Mobile Skrinning Human Immunodeficiency Virus ( HIV) dan Infeksi Menular Seksual ( IMS ) di Wilayah Kelurahan Kuala Kec. Skw Barat bertempat di " Golden Memori" di Jalan  Tani  Rt 03 / Rw 01, Kel. Kuala Kec. Singkawang Barat Kota Singkawang. 

Adapun sebagai Pelaksana Kegiatan sbb Akp Suprihatin Selaku9 Kanit Intelkam Polsek Singkawang Barat, Akp Syamsu Rizal Selaku Kanit Binmas Polsek Singkawang Barat, Ners Emi Rosanti, S.Kep selaku Pj. Hiv Puskesmas Singkawang Barat, Masrahati, Amd. Far selaku Nakes Puskesmas Singkawang Barat 1, Rimansari, Amd. Keb selaku  Nakes Puskesmas Singkawang Barat 1, Irma Liana, Amd. Kes  selaku Nakes Puskesmas Singkawang Barat 1, Meta Lestari / Yayasan Pontianak Plus, Aipda Anton. A selaku  Bhabinkamtibmas Kel.  Kuala, Aipda Yudi. A Selaku Bhabinkamtibmas Kel. Melayu, Sertu Abu Manto Selaku Babinsa Kel. Kuala

Sistem Mobile Skrinning HIV dan IMS yang dilakukan dengan cara sbb:
1. Mencatat Identitas dan Nomor Hand Phone
2. Pengambilan sampel darah untuk Cek HIV dan IMS ( Spilis ) dan hasil akan diketahui setelah 15-20 menit kemudian dan disampaikan secara pribadi kepada perseorangan yang telah di cek oleh Tim Puskesmas melalui perorangan. 

Adapun hasil Skrinning HIV dan IMS ( Spilis ) diantaranya sbb: 
1). Untuk Pengecekan yang dilakukan sebanyak 7 orang terdiri dari :
* Perempuan sebanyak 7 orang
2). Untuk yang terindikasi Positif HIV sebanyak *NIHIL* / IMS ( Spilis ) *NIHIL*
 
Kapolsek Singkawang Barat Polres Singkawang Polda Kalbar Akp Dwi Raharjo, SH, MH melalui Akp Suprihatin menjelaskan TNI Polri Mendampingi kegiatan IMS dan HIV bersama dengan Dinas Kesehatan sebagai upaya pencegahan terhadap penyakit IMS dan HIV di wilayah Kel.Kuala dan disampaikan himbauan mari kita hindari perbuatan penyimpangan terhadap sex dan apabila ada gejala segera berobat ke Puskesmas atau Rumah Sakit.

Rabu, 22 Februari 2023

Sidang KKEP Polri Putuskan Pertahankan Richard Eliezer Sebagai Anggota Polisi


Jakarta - Polri menggelar sidang komisi kode etik untuk memutuskan status kepolisian dari Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu, pasca-divonis 1,5 tahun dalam kasus pembunuhan berencana Brigadir J. 

Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengungkapkan, dari hasil kode etik tersebut, komisi memutuskan bahwa, Richard Eliezer dipertahankan sebagai personel Polri. Atau dengan kata lain, yang bersangkutan tidak dipecat. 

"Terduga pelanggar masih dapat dipertahankan untuk tetap berada dalam dinas Polri," kata Ramadhan kepada wartawan di Gedung Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu, 22 Februari 2023. 

Disisi lain, Ramadhan menyebut bahwa, komisi sidang tetap menjatuhkan sanksi etika terhadap justice collaborator kasus pembunuhan berencana Brigadir J tersebut.

Ramadhan mengatakan, terkait dengan kasus tersebut, Richard Eliezer dijatuhkan sanksi demosi selama satu tahun lamanya. 

"Perilaku pelanggar dinyatakam sebagai perbuatan tercela. Kewjiban pelanggar meminta maaf secara lisan dihadapan sidang KKEP dam secara tertulis kepada pimpinan Polri. Sanksi administratif yaitu mutasi bersifat demosi selama satu tahun," ujar Ramadhan. 

Ramadhan memaparkan pertimbangan hukum dari pada pimpinan komisi sidang etik tersebut. Diantaranya, terduga pelanggar belum pernah dihukum karena melakukan pelanggaran, baik disiplin, kode etik, maupun pidana. 

Terduga pelanggar mengakui kesalahan dan menyesali perbuatan. Terduga pelanggar telah menjadi justice collaborator atau saksi pelaku yang bekerja sama, di mana pelaku yang lainnya dalam sidang pidana pengadilan negeri Jakarta Selatan berusaha mengaburkan fakta yang sebenarnya dengan berbagai cara, merusak, menghilangkan barang bukti dan memanfaatkan pengaruh kekuasaan. Tetapi justru kejujuran terduga pelanggar dengan berbagai risiko telah turut mengungkap fakta yang sebenarnya terjadi.

Lalu, terduga pelanggar bersikap sopan dan bekerja sama dengan baik selama di persidangan sehingga sidang berjalan lancar dan terbuka. Terduga pelanggar masih berusia muda, masih berusia 24 tahun, masih berpeluang memiliki masa depan yang baik apalagi dia sudah menyesali perbuatannya serta berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya di kemudian hari. 

Kemudian, adanya permintaan maaf dari terduga pelanggar kepada keluarga Brigadir J, di mana saat persidangan pidana di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, terduga pelanggar telah mendatangi pihak keluarga Brigadir J, bersimpuh, dan meminta maaf atas perbuatan yang terpaksa. Sehingga keluarga Brigadir J memberikan maaf.

Semua tindakan yang dilakukan terduga pelanggar dalam keadaan terpaksa dan karena tidak berani menolak perintah atasan. Terduga pelangga yang berpangkat Bharada atau Tamtama Polri tak berani menolak perintah menembak Brigadir J dan saudara FS karena selain atasan jenjang kepangkatan saudara FS dengan terduga pelanggar sangat jauh. 

Dengan bantuan terduga, pelanggar yang mau bekerja sama dan memberikan keterangan yanh sejujurnya sehingga perkara meninggalnya Brigadir J dapat terungkap.

Kapolri Beri Apresiasi Langsung ke TNI yang 'Berputar' dan Tim Gabungan Evakuasi Kapolda Jambi


Jambi - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyempatkan untuk memberikan apresiasi secara langsung ke tim gabungan evakuasi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono beserta rombongan helikopter yang mendarat darurat akibat cuaca buruk di Bukit Tamiai, Kerinci.  

Sigit juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih secara langsung kepada prajurit TNI Kopda Ahmad Novrizal yang mengawal tandu Kapolda Jambi dari bawah ke Helikopter hingga 'berputar' karena faktor angin kencang. 

"Atas nama pimpinan Polri, saya mengucapkan terima kasih," kata Sigit sembari menyalami satu per satu tim evakuasi gabungan di Bandara Sultan Thaha Saifuddin, Jambi, Rabu, 22 Februari 2023. 

Dalam kesempatan itu, Sigit menyampaikan apresiasi kepada seluruh pimpinan instansi terkait yang telah ikut membantu proses evakuasi dari rombongan helikopter tersebut. 

"Salam untuk Pak Panglima TNI, Pak KSAD, Pak KSAU, Pak KSAL, pak Kepala Basarna, BMKG juga dan seluruh masyarakat. Kami keluarga besar Polri menyampaikan apresiasi," ujar Sigit. 

Sebelumnya, Sigit menyadari bahwa proses evakuasi itu tidaklah mudah. Mengingat, tim gabungan harus berjibaku dengan cuaca ekstrem dan lokasi evakuasi yang terjal. 

Tetapi, kata Sigit, berkat kerja sama dan ketangguhan para tim gabungan itu, di hari kedua penyelamatan, kelompok darat maupun udara, telah berhasil mencapai lokasi dari para korban dan langsung memberikan bantuan pertama yang dibutuhkan. 

"Alhamdulillah hari kedua bisa diberikan bantuan makanan, obat-obatan dan juga mendirikan tenda atau bivak. Sehingga bisa dilakukan tindakan pertama untuk membantu anggota kita yang terluka," ucap Sigit. 

Disisi lain, Sigit menegaskan, dengan adanya sinergitas dan soliditas antara personel TNI, Polri, instansi terkait dan masyarakat setempat, membuat proses evakuasi tersebut berjalan dengan sangat maksimal. 

Disisi lain, Sigit berharap, seluruh korban peristiwa tersebut dapat kembali pulih setelah mendapatkan perawatan intensif dari tim dokter yang telah disiapkan. Tak hanya itu, dengan telah diselamatkannya para korban ini, pihak keluarga maupun kolega dapat merasa lebih tenang.  

"Jadi mohon doanya bahwa setelah ini seluruh korban bisa kembali pulih dan sehat. Tentunya dokter bisa berikan perawatan yang terbaik. Sehingga anggota kami bisa segera pulih seperti sediakala, dan tentunya keluarga yang di rumah yang selama ini menunggu, teman-teman yang semua menunggu tentunya ini bisa mengobati kita semua. Dan juga kepada teman-teman media yang selama beberapa hari ini terus mengikuti," tutup Sigit.

Silaturahmi Kamtibmas Bersama Panglima Jilah, Ketua DAD, Ketua Fopad dan Ketua DPC Tariu Borneo Melawi, AKBP Syafi'i: Kami Berkomitmen Menjaga Kamtibmas di Kabupaten Melawi

*Kapolres Melawi Silaturahmi Kamtibmas Kepada Tokoh masyarakat Dayak dan Panglima Jilah*

Melawi Polda Kalbar- Guna menjaga silaturahmi dan kamtibmas yang kondusif ditengah masyarakat, Kapolres Melawi AKBP Muhammad Syafi'i melaksanakan silaturahmi kamtibmas bertemu langsung dengan Agustinus (Pangalangok Jilah/ Panglima Jilah), Ketua DAD Kabupaten Melawi Drs.Kluisen, Ketua Fopad Kabupaten Melawi Saleh Tapa dan Ketua DPC Tariu Borneo Kabupaten Melawi Anton Desa dan pengurusnya.

Kapolres Melawi Polda Kalbar AKBP Muhammad Syafi'i.S.I.K.,S.H.,M.H., mengucapkan terima kasih atas pertemuan bersama tokoh masyarakat dayak yang telah memberikan kesempatan untuk dapat bertemu, selasa (21/2/2023).

"Kami mengucapkan terima kasih atas kesedian Panglima Jilah,Ketua DAD Kabupaten Melawi, Ketua Fopad dan Ketua DPC Tariu Borneo Bangkule Rajakng Kabupaten Melawi telah hadir dalam silaturahmi Kamtibmas," ujarnya.

Pertemuan berlangsung hangat dan penuh keakraban tentang harapan kedepannya dalam menjaga kamtibmas yang kondusif di Kabupaten Melawi.

AKBP Syafi'i menambahkan- Atas silaturahmi kamtibmas yang terjalin kami berkomitmen bersama menjaga kamtibmas yang kondusif di Kabupaten Melawi.

"Bersama tokoh masyarakat dayak dan organisasi kemasyarakat dayak kami berkomitmen menjaga kamtibmas yang kondusif di Kabupaten Melawi," terangnya.

Agustinus, Panglima Jilah/ Pangalangok Jilah atau di kenal Pimpinan Besar  Pasukan Merah TBBR Setanah Dayak mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Melawi dan memberikan apresiasi  atas kinerja keras  Kepolisian dalam menjaga kamtibmas yang kondusif di Kabupaten Melawi.

"Kami memberikan apresiasi atas kinerja Polri dalam menjaga kamtibmas yang kondusif di Kabupaten Melawi," ucap Panglima Jilah.

Ia mengatakan, Dalam menjaga stabilitas kamtibmas ditengah masyarakat, kami siap membantu, bahu membahu bersama Polri kapan pun diperlukan dalam menjaga kamtibmas yang kondusif di Kabupaten Melawi," Terangnya.

Tentu dengan adanya silaturahmi, kami berharap semakin tumbuh erat dan kuat kemitraan Polri dan masyarakat khususnya masyarakat suku dayak.

"Kami berkomitmen siap menjaga stabilitas kamtibmas yang kondusif di Kabupaten Melawi kapan pun diperlukan,"pungkas Agustinus.

Penulis : Samsi.

Kapolri Pastikan Kapolda Jambi dan Rombongan dalam Perawatan Maksimal RS Bhayangkara


Jambi - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan bahwa Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono dan rombongan helikopter yang mengalami pendaratan darurat di Bukit Tamiai, Kerinci semuanya sudah dievakuasi. Saat ini, seluruh korban sedang dilakukan pemeriksaan dan perawatan maksimal oleh tim kedokteran Rumah Sakit (RS) Bhayangkara. 

"Alhamdulilah tadi sudah dievakuasi kita cek satu per satu yang dirawat tentunya tim dokter melakukan langkah-langkah untuk melakukan pendalaman apakah perlu perawatan lanjutan yang harus dilaksanakan," kata Sigit di RS Bhayangkara Jambi, Selasa, 21 Februari 2023. 

Sigit menuturkan, RS Bhayangkara akan melakukan pemeriksaan dan perawatan kepada korban. Namun apabila nantinya dari hasil pemeriksaan diperlukan tindakan lanjutan, maka korban akan dibawa ke Jakarta untuk mendapat perawatan medis.  

"Yang jelas kondisi pasien semuanya berangsur membaik. Tentunya ada tindakan-tindakan awal yang kemudian diberikan dokter di RS Bhayangkara Jambi. Saya mohon doanya untuk teman-teman kita yang sudah dirawat agar kesehatannya membaik," ujar Sigit.

Terkait kondisi Kapolda Jambi dan korban lainnya, mantan Kabareskrim Polri ini memastikan semuanya dalam kondisi sadar. Namun, memang ada yang mengalami luka dan patah tulang baik di kaki, tangan, rusuk dan bagian tubuh lainnya.

"Saat ini sedang dilakukan scanning oleh tim dokter. Nanti akan diputuskan Kapusdokkes apakah akan dirujuk ke Jakarta atau dirawat di sini," ucap Sigit.

Lebih lanjut, Sigit menuturkan, total ada enam orang yang dirawat di RS Bhayangkara Jambi termasuk Kapolda. Sedangkan dua orang lainnya ada di GOR Merangin. Nantinya, dua orang tersebut juga akan dirawat di RS Bhayangkara usai diterbangkan pada esok hari.

"Saat ini 6 orang di sini (RS Bhayangkara Jambi). 2 orang ada di GOR Merangin. Pasti (akan diterbangkan ke RS Bhayangkara Jambi), karena kondisinya sudah agak malam sehingga penerbangan dilakukan besok. Tapi di sana (GOR Merangin) pun saat ini sudah ada tim dokter melakukan perawatan," papar Sigit.

Mantan Kapolda Banten menambahkan, saat ini yang terpenting adalah menyelamatkan korban yang terluka. Setelah itu, pihaknya akan melakukan evakuasi puing-puing dan penyebab jatuhnya helikopter.

Namun, Sigit memastikan bahwa helikopter yang membawa Kapolda Jambi dan rombongan selama ini dilakukan pemeriksaan berkala, termasuk saat hendak digunakan.

"Heli ini kita gunakan mulai tahun 2003. Selama ini secara rutin dilakukan maintenance termasuk saat mau digunakan dilaporkan dalam kondisi layak digunakan. Tentunya pendalaman lebih lanjut akan dilaksanakan dari jajaran Poludara terkait dengan permasalahan apa yang terjadi," tutur Sigit.

Dalam kesempatan ini, Sigit pun menyampaikan apresiasi, penghargaan dan ucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran yang ikut terlibat dalam proses evakuasi. Menurutnya, proses evakuasi bisa terlaksana berkat kerja sama semua pihak.

"Saya berterima kasih kepada tim baik dari Basarna, TNI AU, Korem, BMKG, Angkasa Pura termasuk masyarakat, Bupati dan semuanya tergabung yang bisa lakukan evakuasi dengan baik," tutup Sigit.

Selasa, 21 Februari 2023

Kapolri Tinjau Evakuasi Kapolda Jambi dan Rombongan, Apresiasi Kerja Keras Tim Gabungan


Jambi - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau langsung proses evakuasi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono beserta rombongan helikopter yang mendarat darurat akibat cuaca buruk di Bukit Tamiai, Kerinci.  

Setelah semua penumpang tersebut berhasil diselamatkan, Sigit menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua tim gabungan yang telah mengerahkan seluruh kemampuannya untuk melakukan evakuasi kepada para korban tersebut. 

"Tentunya saya selaku Kapolri mengucapkan terima kasih atas kerja sama seluruh tim yang telah berhasil melaksanakan kegiatan evakuasi penyelamatan. Dimana selama kurang lebih tiga hari baik tim yang tergabung dalam tim SAR darat maupun tim SAR udara yang telah bekerja keras," kata Sigit dalam jumpa pers di Posko Merangin, Jambi, Selasa, 21 Februari 2023. 

Dalam proses evakuasi itu setidaknya terdapat 949 personel gabungan yang terdiri dari,TNI, Polri, Basarnas, BPBD, BMKG, PMI, Petugas Taman Nasional Kerinci Seblat, tim paramedis, dan masyarakat adat Tamiai. 

Sigit menyadari bahwa proses evakuasi itu tidaklah mudah. Mengingat, tim gabungan harus berjibaku dengan cuaca ekstrem dan lokasi evakuasi yang terjal. 

Tetapi, kata Sigit, berkat kerja sama dan ketangguhan para tim gabungan itu, di hari kedua penyelamatan, kelompok darat maupun udara, telah berhasil mencapai lokasi dari para korban dan langsung memberikan bantuan pertama yang dibutuhkan. 

"Alhamdulillah hari kedua bisa diberikan bantuan makanan, obat-obatan dan juga mendirikan tenda atau bivak. Sehingga bisa dilakukan tindakan pertama untuk membantu anggota kita yang terluka," ujar Sigit. 

Lebih dalam, Sigit memastikan, pada proses evakuasi hari ini, tim gabungan telah berhasil menyelamatkan seluruh penumpang dari helikopter tersebut. 

Bahkan, Sigit juga sempat bertemu dengan Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono yang sudah dievakuasi. Menurut Sigit, kondisi terakhir Rusdi Hartono dalam keadaan sadar dan stabil. 

"Saya sempat berbincang-bincang dengan beliau dan sekarang sedang dibawa ke RS Bhayangkara dan kita dapat laporan terakhir yang dua juga sudah bisa dievakuasi dan saat ini berada di Gor Merangin. Total 8 orang yang alami pendaratan darurat kemarin, hari ini semua bisa dievakuasi. Enam sudah di RS Bhayangkara dan dua masih dirawat di Posko Merangin," ucap Sigit. 

Disisi lain, Sigit menegaskan, dengan adanya sinergitas dan soliditas antara personel TNI, Polri, instansi terkait dan masyarakat setempat, membuat proses evakuasi tersebut berjalan dengan sangat maksimal. 

"Sekali lagi saya selaku pimpinan Polri mengucapkan terima kasih atas kerja keras seluruh tim yang tergabung dalam kegiatan evakuasi penyelamatan baik SAR darat maupun SAR udara maupun masyarakat sekitar yang juga begitu luar biasa membantu tim. Sehingga kemudian kerja sama seluruh tim tergabung dari masing-masing institusi, kesatuan ditambah masyarakat bisa menghasilkan hal yang luar biasa dengan bisa dievakuasinya seluruh korban," papar Sigit. 

Disisi lain, Sigit berharap, seluruh korban peristiwa tersebut dapat kembali pulih setelah mendapatkan perawatan intensif dari tim dokter yang telah disiapkan. Tak hanya itu, dengan telah diselamatkannya para korban ini, pihak keluarga maupun kolega dapat merasa lebih tenang.  

"Jadi mohon doanya bahwa setelah ini seluruh korban bisa kembali pulih dan sehat. Tentunya dokter bisa berikan perawatan yang terbaik. Sehingga anggota kami bisa segera pulih seperti sediakala, dan tentunya keluarga yang di rumah yang selama ini menunggu, teman-teman yang semua menunggu tentunya ini bisa mengobati kita semua. Dan juga kepada teman-teman media yang selama beberapa hari ini terus mengikuti," tutup Sigit.

Aksi Heroik Kapolres Kubu Raya Turun Langsung Padamkan Api Karhutla


Kubu Raya - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di Jalan Parit Haji Muksin Dusun Mekar Raya Desa Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat (Kalbar). 

Kapolres Kubu Raya, Kalimantan Barat, AKBP Arief Hidayat, S.H., S.I.K., turun langsung melakukan pemadaman  kebakaran lahan gambut di Dusun Mekar Raya Desa Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya seluas 3 Ha dengan titik kordinat -0,1147870, 109, 3544170

Namun Kapolres tidak sendiri, aksi heroiknya ini didampingi Kapolsek Sungai Raya AKP Hasiholad Siragih, S.H., Personil Sat Sabhara Polres Kubu Raya, Personil Polsek Sungai Raya, Personil DitSamapta Polda Kalbar, Damkar Kabupaten Kubu Raya, Damkar Kapur Raya, Damkar BNPB Kabupaten Kubu Raya, Damkar Redam 22, Damkar Wonodadi, Damkar Cemerlang dan Damkar Parit Haji Muksin

" Kami kesulitan air dalam memadamkan api seluas 3 Ha, sehingga api menjalar kesegala lokasi dan kami sempat terkepung api, namun alhamdululillah dengan cara bergotong royong bersama personil dilapangan api mampu kita redam pada Senin (21/2/23) jam 23.00 Wib lalu. Lokasi ini akan kita pantau terus dengan menurunkan personil bersama stakeholder terkait untuk melakukan patroli, kata Kasubsie Penmas Polres Kubu Raya Aipda Ade saat dikonfirmasi, Selasa 21/2/23.

Dikatakan Kasubsie Penmas, bahwa di situasi kemarau yang sedang terjadi saat ini masyarakat diminta untuk tidak melakukan pembakaran lahan dengan sembarangan, apalagi tanpa pengawasan, karena itu bisa berbahaya.

“Kami Polres Kubu Raya menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Kubu Raya agar tidak melakukan pembakaran dalam membuka lahan perkebunan, sampai detik ini kami masih melakukan penyelidikan terkait lahan yang terbakar di sejumlah titik di Kabupaten Kubu Raya, jika ditemukan saksi dan bukti adanya unsur kesengajaan dalam kebakaran lahan dan hutan akan kami proses sesuai dengan hukum yang berlaku, tegas Ade.

Lebih dalam, Ade mengatkan, kami memohon keikutsertaan peran masyarakat dalam menangani kebakaran hutan dan lahan ini. Apabila warga menemukan baik titik hotspot maupun pelakuyang melakukan pembakaran hutan dan lahan agar segera menginfokannya Polres Kubu Raya baik melalui Polsek setempat maupun melalui Bhabinkamtibmas dan Babinsa supaya api dapat segera dipadamkan dan pelaku dapat kita amankan,” pungkasnya.

Penulis : Kontributor humas_resKR
Editor  : Aipda Ade

Call Centre NAMPONG KELOH Polres Kubu Raya :
Instagram @polreskuburaya/@kapolreskuburaya
Email polreskuburaya@gmail.com
WhatsApp 08115684456

#KRGassNoLimit
#KRLove,Care&Share
#SalamPRESISI

Rakor Pembentukan Satgas PPA Terpadu Kabupaten Sekadau


*Kapolres Sekadau Harap Kerjasama Satgas PPA Terpadu Berjalan Baik*

Sekadau, Polda Kalbar - Rapat koordinasi dalam rangka pembentukan Satgas perlindungan perempuan dan anak (PPA) terpadu Kabupaten Sekadau berlangsung di aula Bhayangkara Patriatama, Senin 20 Februari 2023.

Pembentukan Satgas PPA terpadu berfungsi membantu dalam mencegah, menjangkau dan mengidentifikasi kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak serta menjadi bagian dari program quick win Presisi.

Kapolres Sekadau AKBP Suyono, S.I.K, S.H, M.H dalam sambutannya menyampaikan, pihaknya  menjadi inisiator kegiatan ini sebagai langkah awal terciptanya kerjasama dalam menentukan langkah dan solusi terbaik terkait kasus yang dialami perempuan dan anak.

"Forum ini menjadi tempat kita berdiskusi dan berbagi informasi sesuai tugas dan fungsi masing-masing. Yang paling diharapkan dalam pertemuan ini adalah bagaimana caranya menurunkan kasus perempuan dan anak melalui pola dan metode yang tepat," jelasnya.

Berdasarkan data yang dihimpun Unit PPA Polres Sekadau, penanganan kasus yang melibatkan perempuan dan anak di Kabupaten Sekadau sejak tahun 2020 hingga tahun 2022 mengalami peningkatan.

Pada tahun 2020 terdapat 9 kasus, tahun 2021 terdapat 10 kasus kemudian tahun 2022 meningkat menjadi 21 kasus. Selama kurun waktu tersebut didominasi kasus persetubuhan dan pencabulan terhadap anak.

"Hal ini menimbulkan keprihatinan dan 
menjadi tanggungjawab bersama. Melalui forum ini diharapkan muncul langkah yang tepat bersifat preemtif, preventif maupun langkah lain yang perlu diambil," ungkap Kapolres Sekadau.

"Hal ini menimbulkan keprihatinan dan menjadi tanggungjawab kita semua dalam menemukan formula yang tepat untuk meminimalisirnya melalui kegiatan preemtif, preventif maupun langkah lain yang perlu diambil," pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan perwakilan Dinas Sosial PPPA Kabupaten Sekadau, Dinas Kesehatan PP dan KB, Dinas Pendidikan, Kesbangpol, LK3, IPKI, Kepala Puskesmas dan Balai Pemasyarakatan Sintang.

Senin, 20 Februari 2023

Terkuak, Pelaku Pencurian Mobil Daihatsu Sigra R Delux MT Memiliki Sejata Rakitan


Kubu Raya – Pengungkapan kasus tindak pidana pencurian satu unit Mobil Minibus Daihatsu Sigra-R Deluxe KB 1715 MH Tahun 2020 warna Merah pada 19 Januari 2023 lalu, menyisakan misteri, ternyata WO tersangka dari kasus kejahatan itu memiliki senjata rakitan jenis Pistol mirip Revolver ini terungkap saat Satuan Reserse melakukan penggeledahan di rumah Kontrakan tersangka WO di jalan Adisucipto Gang Family Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Kubu Raya, AKBP Arief Hidayat, SH, S.I.K saat Press Conference bersama awak media di Mapolres Kubu Raya Jalan Mayor Alianyang Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya.

” Penggeledahan di rumah  kontrakan terduga pelaku WO yang beralamat di jalan Adisucipto Gang Family Kecamatan Sungai Raya terkait adanya dugaan kasus pencurian 1 unit Mobil yang di laporkan oleh korban, pada saat di lakukan penggeledahan di rumah kontrakan tersebut  telah di temukan satu pucuk senpi revolver rakitan beserta 1 butir peluru di dalamnya yang di simpan di bawah Kasur di dalam kamar tersangka, kata Arief saat  Press Conference yang dihadiri awak media, pada hari Jumat (17 Pebruari 2023).

Dari keterangan tersangka yang berinisial WO, Senjata Api (Senpi) Rakitan jenis Pistol mirip Revolver tersebut digunakan dalam melakukan aksi kejahatannya.

Kasubsie Penmas, Aipda Ade mengatakan, Satuan Reserse Kriminal Polres Kubu Raya sampai saat ini masih melakukan penyelidikan asal usul dari senjata rakitan tersebut beserta amunisinya, tegas Ade, Senin 20/2/23. 

”Saat ini tersangka berinisial WO berada dalam tahanan Polres Kubu Raya, atas kepemilikan Senjata Api (Senpi) Rakitan jenis Pistol ini tersangka disangkakan dengan Tindak pidana  Tanpa Hak Memiliki, Menguasai, Membawa, Senjata Api Rakitan jenis Pistol mirip Revolver dan Bahan Peledak Tanpa Ijin, sebagaimana dimaksud Pasal 1 ayat (1) UU Darurat Nomor 12 Tahun 1951 dengan tuntutan hukuman maksimal 12 tahun Kurungan Penjara,” pungkas Kapolres. 


Penulis : Kontributor humas_resKR
Editor  : Aipda Ade

Call Centre NAMPONG KELOH Polres Kubu Raya :
Instagram @polreskuburaya/@kapolreskuburaya
Email polreskuburaya@gmail.com
WhatsApp 08115684456

#KRGassNoLimit
#KRLove,Care&Share
#SalamPRESISI

Untuk Meningkatkan Keimanan Dan Ketaqwaan,Polresta Pontianak Gelar Isra Mi'raj


Pontianak- Untuk meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan kepada Allah swt, Polresta Pontianak menyelenggarakan kegiatan Isra Mi'raj 1444 H tahun 2023, di masjid Sirathul Jannah Mapolresta Pontianak,senin (20/2/2023) pagi.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh anggota Polresta Pontianak dan Polsek jajaranya yang beragama Islam ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran surah Al Isra ayat 23 dan 24 yang dibacakan oleh Qori Briptu Muhammad Nur anggota Satlantas Polresta Pontianak dan Saritilawah Ramia Muhammad Nur.

Dalam sambutannya Kapolresta Pontianak yang dibacakan oleh Kabag Perencanaan Kompol Ayin Nurohman mengatakan," Kita memaknai peringatan Isra Mi'raj adalah sebuah momentum bagi kita semua untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah swt.

Dalam pelaksanaan tugas kita sebagai anggota Polri memperingati Isra Mi'raj sebagai penyemangat dalam pelaksanaan tugas sebagai amal pengabdian kepada masyarakat."Tuturnya.

Dalam hikmah isra mi'raj yang disampaikan oleh ustadz Abuya Habib Dzaki bin Yahya pumpinan pondok pesantren Darunnaim pontianak Kota,"Sebagai anggota Polri yang memiliki peran besar dalam upaya menegakkan kebenaran,menyadarkan orang yang berbuat jahat,menjaga masyarakat agar tidur dengan nyenyak,itu semua akan mendatangkan pahala yang sangat besar dari Allah swt apabila dilaksanakan dengan baik dan benar,apalagi kalau shalatnya rajin dan baik.

Meneladani Rasulullah dalam hikmah Isra Mi'raj kita sebagai umat muslim hendaklah kita selalu harus meningkatkan iman kita kepada Allah swt,perbaki ibadah kita yang masih belum baik,upayakan untuk shalat berjamaah bersama keluarga,ini akan menjadikan ketaatan kekuarga kita akan diridhoi Allah swt."Tuturnya.

Penulis : DJ

Polda Kalbar Kembali Tangkap Pengedar Narkoba, 8 Kilogram Sabu dan 4.370 Butir Ekstasi Berhasil Diamankan

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera Untuk Kita Semua

Press Release Nomor : 254 / II / HUM.6.1.1. / 2023 / Bidhumas

Senin, 20 Februari 2023
*Polda Kalbar Kembali Tangkap Pengedar Narkoba, 8 Kilogram Sabu dan 4.370 Butir Ekstasi Berhasil Diamankan*

*Berhasil Gagalkan Peredaran 8 Kilogram Sabu dan 4.370 Butir Ekstasi, Polda Kalbar Tangkap Dua Pria di Wilayah Entikong*

ENTIKONG SANGGAU, KALBAR - Jajaran Direktorat Reserse Narkoba Kepolisian Daerah Kalimantan Barat dibawah pimpinan Dirresnarkoba Polda Kalbar Kombes Pol Yohanes Hernowo kembali menangkap 2 (dua) orang laki-laki pengedar Narkoba di wilayah hukum polsek Entikong yang merupakan wilayah perbatasan Negara Malaysia dengan Republik Indonesia pada hari minggu (19/2).

Kapolda Kalbar Irjen Pol Suryanbodo Asmoro melalui Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Pol Raden Petit Wijaya mengatakan, bahwa pada Hari Minggu Tanggal 19 Februari 2023 Sekira jam 22.00 Wib, Tim Interdiksi Terpadu Kalbar, Gabungan Lidik Subdit 1 dan IT Ditresnarkoba Polda Kalbar, Satresnarkoba Polres Sanggau, Polsek Entikong, dan Bea Cukai Entikong telah melakukan penangkapan terhadap 2 (dua) orang laki-laki Inisial S dan EJ di pinggir Jalan Komplek Rusunawa, Dusun Entikong Benuan, Desa Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat.

"Ya telah diamankan di wilayah hukum polsek Entikong yang merupakan perbatasan Negara Malaysia dengan Republik Indonesia, dua orang laki-laki inisial S dan EJ yang keduanya merupakan warga Sekadau," jelas Kabid Humas.

Menurut Kabid Humas Polda Kalbar setelah dilakukan penggeledahan, Tim mendapatkan 1 (satu) buah tas warna putih bercorak kotak-kotak Merek Bonia yang didalamnya berisikan 8 (delapan) bungkus plastik warna Silver merek Harvest Organic yang berisi serbuk kristal diduga narkotika jenis sabu dan 1 (satu) bungkus plastik transparan  yang berisi tablet-tablet diduga narkotika jenis ekstasi.

"Setelah kita timbang dan hitung jumlah barang buktinya, didapatkan bahwa yang diduga sabu beratnya sekitar 8 kilogram dan diduga ekstasi sebanyak 4.370 butir, namun ini semua akan kita cek laboratorium untuk memastikan kembali bahwa barang-barang tersebut memang benar sabu dan ekstasi," tutur Kabid Humas.

Menurut Petit pengungkapan kali ini juga merupakan hasil pengembangan dan penyelidikan Tim Interdiksi berdasarkan informasi dari masyarakat di wilayah perbatasan Entikong.

"Ya, masyarakat saat ini sudah banyak yang peka terhadap aktivitas masyarakat lain disekitarnya, untuk itu mewakili Kapolda Kalbar Irjen Pol Suryanbodo Asmoro dan Dirresnarkoba Kombes Pol Yohanes Hernowo, saya Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Pol Raden Petit Wjaya mengucapkan banyak terimakasih atas informasi yang diberikan kepada kami," Tutup Kabid Humas Polda Kalbar.

Salam Hormat kami
Humas Polda Kalbar

Wassalammualaikum Wr.Wb

Kombes Pol Raden Petit Wijaya, S.I.K., M.M.
Kabidhumas Polda Kalbar

Email: bidhumaspoldakb@gmail.com
Twitter : @BidhumasKalbar
FB : Bidhumas Polda Kalbar
IG : @humaspoldakalbar
YouTube : Humas Polda Kalbar

Minggu, 19 Februari 2023

Bag Psikologi Biro SDM Polda Kalbar Adakan Outbond Untuk Purnawirawan Polri

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera Untuk Kita Semua

Press Release Nomor :  253 / II / HUM.6.1.1. / 2023 / Bidhumas

Minggu, 19 Februari 2023

*Bag Psikologi Biro SDM Polda Kalbar Adakan Outbond Untuk Purnawirawan Polri
*Kapolda Kalbar Gelar Support Psikologi dan Layanan Kesehatan Untuk Purnawirawan Polri*

PONTIANAK, KALBAR - Dalam rangka memperkuat kekompakan dan Silahtuhrahmi antar Purnawirawan, Biro SDM Polda Kalbar menggelar Support-Psi dan Layanan Kesehatan Kepada Purnawirawan Polri Polda Kalbar. Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 130 Purnawirawan Polda Kalbar.

Kapolda Kalbar Irjen Pol Suryanbodo Asmoro pada sambutannya mengatakan bahwa dengan diadakannya kegiatan ini ia berharap agar para purnawirawan tetap semangat, sehat dan kuat. Selain itu, sebagai ajang silaturahmi bagi sesama purnawirawan.

"Saya juga ingin memberikan semangat kepada Purnawirawan Polri dengan memberikan hadiah, semoga kegiatan ini dapat dilaksanakan secara rutin," ungkapnya.

Kapolda Kalbar menyambut baik kegiatan pada hari ini dan seterusnya dapat dilaksanakan kembali. Semoga bapak dan ibu sehat-sehat selalu.

Dilain itu Kompol (Purn) Suyanto juga mengatakan, bahwa kami senang kumpul dengan kawan-kawan Purnawirawan Polri, semoga selalu diberikan kesehatan dan keberkahan supaya bisa mengikuti kegiatan ini lagi.

"Terima kasih kepada Kapolda Kalbar sudah mengadakan kegiatan seperti ini dan  menjaga kesehatan kami sekaligus bersilahturahmi ini,“ jelas Kompol (Purn) Suyanto.

Salam Hormat kami
Humas Polda Kalbar

Wassalammualaikum Wr.Wb

Kombes Pol Raden Petit Wijaya, S.I.K., M.M.
Kabidhumas Polda Kalbar

Email: bidhumaspoldakb@gmail.com
Twitter : @BidhumasKalbar
FB : Bidhumas Polda Kalbar
IG : @humaspoldakalbar
YouTube : Humas Polda Kalbar