Jumat, 10 Agustus 2018

API MENDEKATI PEMUKIMAN WARGA, PERSONIL KEPOLISIAN POLSEK PONTIANAK SELATAN PADAMKAN API

PONTIANAKSPKT Polsekta Pontianak Selatan dan anggotanya sewaktu melaksanakan jaga di penjagaan mendapatkan laporan dari anggota yang berada dilapangan bahwa adanya laporan dari masyarakat terjadinya peristiwa Kebakaran lahan yang sudah hampir mendekati Pemukiman Warga atau tempat tinggal Warga di Jalan Purnama Komp. Purnama Agung 7 Blok Q kelurahan parit tokaya Kecamatan Pontianak Selatan.

Dan setelah dengan adanya laporan  kebakaran tersebut selanjutnya  team karhutla mendatangi tempat kejadian dan setelah sampai di TKP tersebut anggota mencari informasi dan ternyata identitas pemilik lahan belum dapat diketahui begitu juga. identitas pembakar lahan juga belum dapat diketahui.

Selanjutnya Kapolsekta Pontianak Selatan Kompol Amad Mukhtar memerintahkan anggota Bhabinkamtibmas Pontianak Selatan Aiptu Kusnendar untuk mengecek luas lahan yang terbakar dan didapatkan informasi dari masyarakat di sekitar kejadian bahwa lahan yang terbakar tersebut  diperkirakan sekitar 30x60 m yang mana lahan yang terbakar berupa semak belukar dan tanah gambut serta mendekati pemukiman warga.

Selanjutnya Kapolsekta Pontianak Selatan menjelaskan bahwa lahan yang terbakar saat ini telah mendekati pemukiman warga Kelurahan parit Tokaya Kecamatan Pontianak selatan. "Ujar Kapolsek Pontianak Selatan Kompol A Mukhtar.

Kemudian anggota Polsekta Pontianak Selatan Bripka Erwansyah selaku Bhabinkambtibmas Kelurahan Kota Baru menanyakan mengenai cuaca kepada salah satu personil BNPB.

Bahwa saat ini cuaca panas dan angin kencang sehingga api semakin besar dan menimbulkan asap serta dikwatirkan  kebakaran tersebut akan meluas ke daerah sekitar. "Jawab salah satu Anggota BNPB.

Selanjutnya untuk saat ini team Karhutla dari Polsekta Pontinak Selatan dengan dibantu oleh team Karhutka dari TNI, BNPB dan Pemadam Kebakaran Kotamadya Pontianak sedang bersama sama dan berjibaku dilakukan upaya pemadaman dengan menggunakan helikopter dari Badan Penanggulangan Bencana mengingat keterbatasan air yang sudah mengering di sekitar lahan yang terbakar.

Selanjutnya tindakan anggota bhabinkamtibmas Polsekta Pontianak Selatan menghimbau dan memberikan informasi dampak kepada masyarakat di sekitar kejadian dengan adanya kebakaran tersebut dampaknya akan menimbulkan kabut asap, mengganggu roda, perekonomian, transportasi terutama penerbangan serta dapat menimbulkan penyakit inspeksi pernapasan akut (Ispa) dikalangan balita dan anak anak.

Kebakaran lahan tersebut tidak menutup kemunkinan dilakukan oleh masyarakat yang membuka lahan untuk berladang/berkebun namun apinya tidak dipadamkan sepenuhnya dan ditinggalkan pulang sehingga api menjalar ke areal sekitarnya dan hampir mendekati pemukiman warga. "Ujar Kanit Intelkam Polsek Pontianak Selatan.

Dengan terjadinya kebakaran lahan tersebut anggota bhabinkamtibmas juga menyarankan kepada masyarakat serta himbauan untuk tidak membakar lahan karena dampaknya sangat berbahaya dan mengganggu kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar