Kamis, 31 Desember 2020

Tactikal Floor Game Digelar Mengantisipasi Peningkatan Aktivitas di Malam Pergantian Tahun


Menjelangmalam pergantian tahun 2020 - 2021, Polresta Pontianak menggelar Tactical Floor Game (TFG), pemetaan pasukan dalam rangka pengamanan Kota Pontianak pada malam pergantian tahun, Kamis, 31 Desember 2020.

TFG ini merupakan tindak lanjut Surat Edaran Walikota Pontianak Nomor 470/80/Umum/2020 tentang Larangan Penyelenggaraan Kegiatan Perayaan Malam Pergantian Tahun di Kota Pontianak yang dapat menyebabkan kerumunan di tengah Pandemi Covid 19.

Bertempat di halaman Mapolresta Pontianak, TFG ini, dipimpin langsung oleh Kapolresta Pontianak Kombespol Komarudin, dan diikuti oleh seluruh pejabat utama Polresta Pontianak.

Polresta Pontianak gelar Tactical Floor Game untuk rekayasa lalu lintas dan pengamanan malam tahun baru di Polresta Pontianak, Jalan Johan Idrus, Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu 30 Desember 2020. Kapolresta Pontianak Kombes Komarudin menegaskan akan menindak tegas pelaku usaha jika melewati waktu yang telah ditentukan dan pihak yang menyebabkan kerumunan.
Polresta Pontianak gelar Tactical Floor Game untuk rekayasa lalu lintas dan pengamanan malam tahun baru di Polresta Pontianak, Jalan Johan Idrus, Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis  31 Desember 2020. Kapolresta Pontianak Kombes Komarudin menegaskan akan menindak tegas pelaku usaha jika melewati waktu yang telah ditentukan dan pihak yang menyebabkan kerumunan. (TRIBUNPONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI)

Peta wilayah Kota Pontianak di gelar pada TFG ini, miniatur replika personel kepolisian, mobil, serta berbagai peralatan pendukung pengamanan ditempatkan di sejumlah titik.

Dari sebaran personel pada TFG ini, tampak penempatan Personel keamanan terkonsentrasi di wilayah pusat Kota Pontianak, yakni di wilayah Kecamatan Pontianak Tenggara, Selatan, dan Kecamatan Pontianak Kota.

Kapolresta Pontianak Kombespol Komarudin menjabarkan, fokus utama pengamanan nantinya akan berada di jalan Gajah Mada, Jalan Tanjungpura, Jalan Reformasi, Waterfront Pontianak, Persimpangan Kantor Pajak Jalan Ayani Pontianak, Wilayah Kelurahan Kota Batu, serta Bundaran Tugu Digulis Pontianak merupakan titik fokus.

"TFG ini untuk merencanakan beberpa skenario rekayasa arus lalu lintas Pada malam tahun baru, sekiranya terjadi peningkatan aktivitas masyarakat, peningkatan arus lalu lintas di kota Pontianak," ujar Kapolresta Pontianak Kombespol Komarudin

Pada malam pergantian tahun, pihak kepolisian akan melakukan pengalihan arus lalu Lintas hingga penutupan jalan bila mana terjadi peningkatan volume lalu lintas.

Saat ini, sebanyak 1.236 personel gabungan telah disiagakan untuk proses pengamanan, pengawasan, serta penertiban bagi siapa saja yang melanggar edaran pada malam pergantian tahun.

"Dengan jumlah personel yang cukup besar itu, kita akan lakukan pengamatan, pengawasan, sekaligus penertiban, dan penegakan hukum bagi siapa saja yang melanggar,"

"Kepada masyarakat, kami menghimbau saat malam pergantian tahun untuk dirumah saja tidak keluar, karena kami pastikan di Pontianak akan diberlakukan Pembatasan aktivitas hingga penutupan beberapa ruas jalan," jelasnya. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar